Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro

Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro sejak tahun 2017 adalah

“Menjadi Fakultas yang unggul di tingkat Nasional pada bidang Ekonomi dan Bisnis berlandaskan nilai – nilai ke Islaman dan Ke Indonesian dalam Sinergi socio-eco-techno-preneurship pada tahun 2024”.

Deskripsi unsur-unsur yang terdapat dalam visi Fakultas Ekonomi Bisnis Islam:

  • Unggul: memiliki kompetensi dibidang Ekonomi dan Bisnis Islam dan memiliki jiwa kecendekiawanan yang inovatif dan kreatif.
  • Socio-ecotechno-preneurship: memiliki kepekaan dibidang sosial masyarakat, kompeten dalam teknologi ramah lingkungan dan berjiwa entrepreneur.
  • Nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan pada tahun 2024: Memiliki semangat Islam yang berjiwa nasionalisme.

Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro

Misi Fakultas Ekonomi Islam (FEBI) IAIN Metro kemudian diuraikan menjadi uraian sebagai berikut:

  • Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran keilmuan Ekonomi dan Bisnis Islam dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship berlandaskan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.
  • Melaksanakan Penelitian Kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship berlandaskan inovasi dan kreatifitas.
  • Melaksanakan pangabdian masyarakat dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship berbasis media digital dan ekonomi kreatif yang unggul dan mencapai kepuasan stakeholder.

Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro

1. Menghasilkan sarjana Ekonomi dan Bisnis Islam yang mampu berdaya saing di tingkat nasional dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship berlandaskan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.
2. Menghasilkan penelitian dalam bidang keilmuan Ekonomi dan Bisnis Islam di tingkat nasional dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship dalam produk jurnal scopus, jurnal terakreditasi nasional, Hak Kekayaan Intelektual, Buku, dan Buku Ajar Penelitian.
3. Menghasilkan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship dalam produk lembaga keuangan syariah, Manajemen Haji dan Umroh, Akuntanasi Syariah, yang mencakup persoalan UMKM, media digital, sub sektor ekonomi kreatif, dan community development.

Sasaran dan strategi pencapaiannya

a. Bidang Pengajaran dan Pendidikan
1. Peningkatan kurikulum berbasis KKNI yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.
2. Peningkatan mutu dosen yang mampu menerapkan pendidikan dan pengajaran dengan memanfaatkan e-learning berbasis riset terbarukan.
3. Peningkatan mutu mahasiswa yang memiliki wawasan sosial, pemanfaatan teknologi, kewirausahaan, dan peduli lingkungan hidup.
4. Meningkatkan pelayanan akademik mahasiswa berbasis teknologi ramah lingkungan.

b. Bidang Penelitian
1. Meningkatkan jumlah mutu penelitian dosen dalam bidang keilmuan Ekonomi dan Bisnis Islam.
2. Meningkatkan jumlah hasil penelitian dalam produk jurnal scopus, jurnal terakreditasi nasional, Hak Atas Kekayaan Intelektual, Buku, dan Buku Ajar Penelitian.
3. Meningkatkan kemampuan penelitian dosen melalui intensitas diskusi ilmiah, diseminasi hasil penelitian, workshop metodologi penelitian, dan strategi mendapatkan hibah penelitian.
4. Meningkatkan pelayanan akademik mahasiswa berbasis ecotechno (teknologi ramah lingkungan).

c. Bidang Pengabdian
1. Peningkatan kerjasama FEBI dalam bidang pengabdian masyarakat dengan berbagai stakeholder.
2. Peningkatan mutu pengabdian masyarakat dan dosen dalam manajemen, Akuntansi, Perbankan dan Ekonomi Syariah.
3. Peningkatan mutu pengabdian masyarakat mahasiswa dalam penanggulangan kemiskinan, pelestarian lingkungan, kesejahteraan masyarakat, serta penanggulangan masalah ekonomi, sosial, dan budaya.
4. Peningkatan mutu pengabdian masyarakat dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship dalam produk perbankan syariah, Manajemen Haji dan Umroh, Akuntansi Syariah, dan Ekonomi Syariah.
5. Peningkatan mutu luaran pengabdian masyarakat dalam bentuk jurnal pengabdian, buku pengabdian ISBN, video, media digital, website. Peningkatan mutu pengelolaan jurnal FEBI IAN Metro; Jurnal Adzkiya, Jurnal Finansia: jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah (JAPS) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro dan jurnal pengabdian masyarakat IAIN Metro terindeks MORAREF, DOAJ, SINTA, Crosref, dan SCOPUS.

Gambar: Milestone Pencapaian Visi dan Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

a. Pada tahun 2004-2009 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam telah IAIN Metro telah melewati capaian Inovatif yang berbasis pada pembelajaran E-learning.
b. Pada tahun 2009-2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro telah melewati capaian kreatif yang berbasis pada dimensi sosial yaitu pemberdayaan masyarakat dalam keilmuan Ekonomi dan Bisnis Islam
c. Pada tahun 2014-2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ekonomi syariah IAIN Metro melewati proses capaian techno yang berbasis pada Ekonomi dan Bisnis Islaml.
d. Pada tahun 2019-2024 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro memiliki target capaian Fakultas prodi unggulan Unggulan i tingkat nasional bidang socio-ecotechno-preneurship dan menjadi rujukan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Indonesia.